DOCTYPE html PUBLIC "-//W3C//DTD XHTML 1.0 Strict//EN" "http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-strict.dtd"> Didi Tarsidi: Counseling, Blindness and Inclusive Education: CONTRACTION -- Sistem Tulisan Singkat Braille Bahasa Inggris
  • HOME


  • Guestbook -- Buku Tamu



    Anda adalah pengunjung ke

    Silakan isi Buku Tamu Saya. Terima kasih banyak.
  • Lihat Buku Tamu


  • Comment

    Jika anda ingin meninggalkan pesan atau komentar,
    atau ingin mengajukan pertanyaan yang memerlukan respon saya,
    silakan klik
  • Komentar dan Pertanyaan Anda




  • Contents

    Untuk menampilkan daftar lengkap isi blog ini, silakan klik
  • Contents -- Daftar Isi




  • Izin

    Anda boleh mengutip artikel-artikel di blog ini asalkan anda mencantumkan nama penulisnya dan alamat blog ini sebagai sumber referensi.


    20 February 2010

    CONTRACTION -- Sistem Tulisan Singkat Braille Bahasa Inggris

    Grade two English Braille, yang lebih dikenal dengan istilah contraction, adalah sistem tulisan singkat Braille dalam bahasa Inggris. Contraction telah dikembangkan untuk menghemat kertas, mengurangi ketebalan buku, dan mempertinggi kecepatan membaca dan menulis para tunanetra.

    Untuk dapat memahami contraction ini, anda harus sudah menguasai Dasar-Dasar sistem tulisan Braille yang mencakup abjad, angka serta tanda baca, yang dalam sistem Braille bahasa Inggris disebut grade-one braille.

    Buku ini dimaksudkan terutama bagi para mahasiswa jurusan pendidikan luar biasa yang mengambil spesialisasi pendidikan anak tunanetra, yang nota bene dipersiapkan untuk menjadi guru bagi anak-anak tunanetra. Akan tetapi, buku ini dapat pula dipergunakan dengan mudah oleh siapa pun yang berminat memperoleh keterampilan membaca bahan bacaan Braille berbahasa Inggris atau yang berminat mengajarkannya kepada para tunanetra.

    Karena bahan-bahan bacaan Braille berbahasa Inggris sangat mudah di dapat dari banyak sumber (dan banyak di antaranya dapat diperoleh secara cuma-cuma), dan hampir semuanya tertulis dalam contraction, maka penguasaan contraction Oleh seorang tunanetra akan memberinya banyak keuntungan. Oleh karena itu, buku ini merupakan media yang sangat penting untuk memperluas kesempatan membaca bagi para tunanetra.

    Terdapat dua versi contraction, yaitu versi Inggris dan versi Amerika Utara. Perbedaan di antara kedua versi tersebut hanya terletak pada penggunaan tanda huruf kapital. Untuk tujuan penghematan yang lebih tinggi, versi Inggris tidak menggunakan tanda huruf kapital bagi kata-kata yang seharusnya berhuruf kapital. Sebaliknya, atas dasar alasan kesesuaian dengan ejaan yang berlaku umum, tanda huruf kapital dipergunakan dalam versi contraction Amerika Utara. Buku ini menyajikan contraction versi Amerika Utara.

    Untuk mencapai penguasaan terhadap contraction ini, anda diharapkan mengerjakan semua latihan yang diberikan dalam buku ini secara berurutan modul demi modul. Materi contraction tersebut disajikan secara bertahap dimulai dari yang paling mudah. Bahan latihan disesuaikan dengan tanda yang sudah disajikan sehingga setiap kata dapat disingkat dengan menggunakan contraction yang sudah disajikan tersebut. Perlu dipahami bahwa bahan latihan untuk Modul IV, misalnya, mencakup pula bahan yang disajikan pada Modul I sampai Modul III. Oleh karena itu, sebaiknya anda sudah menguasai Modul terdahulu sebelum melangkah ke Modul berikutnya.

    Pada akhir modul ini dilampirkan daftar lengkap contraction yang disusun secara alfabetis sehingga akan memudahkan anda untuk mencari tanda contraction yang diperlukan untuk mengerjakan latihan-latihan itu. Akan tetapi, daftar tersebut tidak dilengkapi dengan peraturan penggunaannya. Peraturan tersebut harus anda pelajari pada setiap Modul dalam buku ini.

    Kunci latihan dapat anda lihat pada bagian akhir buku ini.

    Untuk mempelajari contraction, silakan download
  • Braille_Contraction.rar
  • Labels:

    :)

    Anda ingin mencari artikel lain? Silakan isi formulir pencarian di bawah ini. :)
    Google
  • Kembali ke DAFTAR ISI