DOCTYPE html PUBLIC "-//W3C//DTD XHTML 1.0 Strict//EN" "http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-strict.dtd"> Didi Tarsidi: Counseling, Blindness and Inclusive Education: Pendidikan Inklusif: Apa Selanjutnya?
  • HOME


  • Guestbook -- Buku Tamu



    Anda adalah pengunjung ke

    Silakan isi Buku Tamu Saya. Terima kasih banyak.
  • Lihat Buku Tamu


  • Comment

    Jika anda ingin meninggalkan pesan atau komentar,
    atau ingin mengajukan pertanyaan yang memerlukan respon saya,
    silakan klik
  • Komentar dan Pertanyaan Anda




  • Contents

    Untuk menampilkan daftar lengkap isi blog ini, silakan klik
  • Contents -- Daftar Isi




  • Izin

    Anda boleh mengutip artikel-artikel di blog ini asalkan anda mencantumkan nama penulisnya dan alamat blog ini sebagai sumber referensi.


    08 November 2008

    Pendidikan Inklusif: Apa Selanjutnya?

    Bagian dari buku
    Pendidikan Inklusif Ketika Hanya Ada Sedikit Sumber

    Terjemahan dari
    Inclusive Education where there are Few Resources

    Oleh Sue Stubbs

    Alih Bahasa oleh Susi Septaviana R.

    Edisi bahasa Indonesia diedit oleh Didi Tarsidi

    Disponsori oleh IDP Norway

    Bab 7: Apa Selanjutnya?


    Dari mana kita dapat memperoleh informasi lebih lanjut?

    Sebagian besar sumber-sumber rujukan berikut ini diambil dari EENET. Kecuali jika disebutkan lain, semuanya dapat diperoleh dari EENET. Alamat dan lain-lain dapat diperoleh dari penerbit Buku kecil ini, Atlas alliance di Norwegia.

    7.1. Organisasi sebagai Rujukan
    The Enabling Education Network (EENET)
    www.eenet.org.uk
    eet@man.ac.uk
    EENET merupakan sumber utama untuk informasi tentang pendidikan inklusif yang terkait dengan negara-negara yang secara ekonomi lebih miskin. Eenet Menerbitkan buletin satu kali setahun, memiliki situs web yang lengkap dan juga memproduksi CD ROM yang berisikan situs webnya.
    EENET Coordinator
    Centre For Educational Needs,
    School of Education,
    Manchester University, Oxford Rd, Manchester
    M13 9PL, UK
    Tel 00 44 (0) 161 275 3711
    Fax 00 44 (0) 161 275 3548

    The Atlas-alliance
    The Atlas-alliance adalah sebuah aliansi organisasi-organisasi penyandang ketunaan [OPC] Norwegia yang aktif mendukung proyek-proyek untuk penyandang ketunaan dan OPC di Selatan. Aliansi ini telah membuat database sumber informasi dan dokumentasi. Klik “English” sesudah masuk ke: http://ww.atlas-alliansen.no/server/atlas/ressurbank.jsp

    CSIE (Centre for Studies on Inclusive Education)
    CSIE memberikan informasi tentang inklusi dan masalah-masalah terkait. Ini merupakan organisasi amal yang terdaftar di Inggris dan kegiatannya didasarkan atas prinsip-prinsip hak asasi manusia.
    The Centre for Studies on Inclusive Education (CSIE)
    Room 25, 203 S Block,
    Frenchay Campus,
    Coldharbour Lane, Bristol
    BS16 1QU, UK
    Tel: +44 (0) 117 344 4007
    Fax: +44 (0) 117 344 4005
    www.inclusion.uwe.ac.uk

    Departemen Pendidikan Inklusif UNESCO
    (Sebelumnya disebut Departemen Pendidikan Kebutuhan Khusus) UNESCO menerbitkan berbagai macam sumber informasi dan publikasi dalam bermacam-macam bahasa tentang pendidikan inklusif.
    http://www.unesco.org/education/educprog/sne/index.html
    UNESCO Inclusive Education
    Division of Basic Education 7
    Place de Fontenoy –
    75352 PARIS 07 SP – France
    Tel: +33 (0)1 45 68 11 95
    Fax: +33 (0)1 45 68 56 26/7

    Situs web Kantor Pendidikan Kebutuhan Khusus Bangkok:
    http://www.unescobkk.org/education/appeal/topic08.htm

    Kantor Pendidikan Inklusif Dakar:
    Http:// ww.dakar.unesco.org/education_fr/base_integr.shtml

    Situs web Kantor Santiago: http://www.unesco.org/education/efa/index.shtml

    Pendidikan untuk Semua UNESCO
    Departemen ini di UNESCO bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan berbagai inisiatif PUS, termasuk Flagship tentang inklusi penyandang ketunaan dalam Pendidikan. Departemen ini juga memiliki teks laporan konferensi utama tentang pendidikan: Jomtien dan Dakar.
    http://www.unesco.org/education/efa/index.shtml

    Child-to-Child Trust
    Child-to-Child Trust mengkoordinasikan jaringan kerja dalam bidang kesehatan dan pendidikan di lebih dari 60 negara. Badan ini merupakan organisasi amal independen yang berkantor pusat di Universitas London, yang mendesain dan mendistribusikan bahan-bahan pendidikan kesehatan dan advis tentang implementasi proyek “dari anak untuk anak”.
    Child-to-Child Trust
    Institute of Education,
    20 Bedford Way,
    London WC1H OAL
    Tel: +44 (0)207 612 6648/9
    Fax: +44 (0)207 612 6645
    E-mail: telecs@ioe.ac.uk

    Inclusion International
    Inclusion International dulunya disebut Liga Internasional Masyarakat untuk Penyandang Tunagrahita – ILSMH. Ini adalah organisasi hak asasi manusia dan advokasi, yang bekerja erat dengan PBB. Inclusion International memiliki 173 organisasi anggota di 109 negara (1998) yang diorganisasikan ke dalam kelompok-kelompok regional.
    Inclusion International,
    International Disability Centre,
    13D Chemin du Levant
    01210 Ferney-Voltaire,
    France
    Fax: +33 (0)450 400119
    E-mail: info@inclusion.international.org
    Web: www.inclusion.international.org

    Deaf Africa Fund
    Deaf Africa Fund (dana tunarungu Afrika) didirikan untuk memenuhi kebutuhan anak tunarungu beserta keluarganya di negara-negara berpenghasilan rendah. Salah satu kebutuhan tersebut adalah agar orang tua mendapatkan akses ke informasi mutakhir dan kesempatan untuk bertemu dengan orang tua lain, baik di negaranya sendiri maupun di negara lain.
    Deaf Africa Fund
    Chapel Cottage,
    7 King Street,
    Much Wenlock TF13 6BL, UK

    Save the Children Sweden (SC S)
    SC S bekerja untuk hak anak dengan mengembangkan pengetahuan tentang kondisi dan kebutuhan anak, mensponsori pembangunan dan program yang praktis serta menyebarluaskan pengalaman yang diperoleh darinya, dan dengan mempengaruhi opini publik dan para pembuat keputusan.
    Rädda Barnen Sweden (SC S)
    SE 107 88, Stockholm, Sweden
    Fax: +46 (0) 8 698 90 20
    E-mail: info@rb.se
    Web: www.rb.se

    Save the Children UK (SC UK)
    Save the Children merupakan badan amal internasional untuk anak yang paling terkemuka. SC UK beroperasi di lebih dari 70 negara dalam bantuan darurat maupun untuk program pembangunan jangka panjang. SC memiliki berbagai macam karya tulis yang tidak diterbitkan tentang Pendidikan Inklusif, banyak di antaranya dimuat dalam situs web EENET atau dapat juga diperoleh langsung dari Pusat Sumber informasi SC UK.
    Save the Children UK,
    17 Grove Lane,
    London SE5 8RD, UK
    Tel: +44 (0)20 7703 5400
    Fax: +44 (0)20 7708 2508
    www.savethechildren.org.uk

    Child Rights Information Network (CRIN)
    CRIN merupakan jaringan kerja yang sangat besar dalam aktivitas tentang hak asasi anak. CRIN mempunyai database yang besar dan buletin yang terbit berkala. Alamat Posnya sama dengan Save the Children di atas. Untuk berlangganan jaringan email:
    crinmail_english-subscribe@domeus.co.uk
    Untuk meminta informasi: info@crin.org
    Web: www.crin.org

    7.2. Pedoman Praktis

    UNESCO Teacher Education Resource Pack: Special Needs in the Classroom (1993). Materi ini dibuat sebagai bagian dari proyek UNESCO untuk membantu sekolah dan guru merespon terhadap siswa berkebutuhan khusus. Ini dapat dipergunakan sebagai materi pelatihan guru pada tahap awal; lokakarya in-service; atau untuk pengembangan staf sekolah.

    UNESCO (2001): Open File on Inclusive Education: Support Materials for Managers and Administrators. Paket sumber ini membahas asesmen, pengembangan profesi, peranan keluarga dan masyarakat, dan pengembangan kurikulum yang inklusif.

    UNESCO: Deafness: A guide for community workers, teachers, and parents (2001)
    Publikasi UNESCO ini dilengkapi dengan video. Publikasi ini relevan dengan semua budaya dan konteks, dan terdapat bagian yang sangat bagus tentang pendidikan. Video dibuat di Uganda dengan beberapa adegan tentang program pendidikan inklusif di Lesotho.

    UNESCO: Understanding and Responding to Children’s Needs in Inclusive Classrooms: A guide for teachers (2001)
    Panduan ini dapat dipergunakan di samping UNESCO Teacher Education Resource Pack. Buku ini mengulang sebagian pesan yang ada dalam paket sumber itu, tetapi juga memberikan advis praktis kepada guru dalam menangani anak yang memiliki kesulitan belajar tertentu.

    Holdsworth, J, Sacklokham, K, Phommaboud,C, Inthirath, S (1997) Management of Integrated Education Programme:Guidelines, Laos
    Panduan praktis berdasarkan program rintisan pendidikan inklusif di Laos.

    Index for Inclusion: Developing learning and participation in schools (2000)
    Ini merupakan serangkaian materi untuk membimbing sekolah dalam proses pengembangan sekolah inklusif. Diterbitkan oleh CSIE bekerjasama dengan Centre for Educational Needs, Manchester, dan Centre for Educational Research, Canterbury, dan merupakan hasil dari penelitian tindakan selama tiga tahun. Buku ini telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa.
    Harga: £24,50 p&p di Inggris.
    Tersedia dari: Centre for Studies on Inclusive Education (CSIE). Alamat seperti di atas.

    Hazel Jones (1990) Including Disabled People in Everyday Life
    Video praktis dan publikasi ini didasarkan atas serangkaian lokakarya yang dikembangkan oleh Save the Children sebagai bagian dari kegiatannya yang berbasis masyarakat dalam bidang ketunaan di Ho Chi Minh City, Vietnam.
    Diterbitkan oleh SC UK.
    Harga: £9,95 & £1,50p&p.
    ISBN:1 841870 08 0
    Tersedia dari:
    Publications Sales
    Save the Children
    17 Grove Lane,
    London SE5 8RD
    UK
    Tel: +44 (0)20 7716 2138
    Fax: +44 (0)20 7703 2278
    www.save the children.org.uk

    Ingrid Lewis (2000) Access for All: Helping to Make Participatory Processes Accessible for Everyone
    Dokumen ini diterbitkan menyusul kajian tentang program RBM Global yang diselenggarakan oleh SC UK. Publikasi ini berisikan kajian yang komprehensif tentang masalah-masalah aksesibilitas sebelum, selama dan sesudah seminar. Tersedia dalam bahasa Perancis, Portugis, Spanyol dan Arab, kaset (dalam bahasa Inggris) dan Braille.
    Tersedia dari:
    Development Dialogue Team
    Save the Children UK
    17 Grove Lane
    London SE5 8RD
    UK
    Tel: +44 (0)20 7703 5400 ext.2565
    Fax: +44 (0)20 7793 7630

    Jones, H (2001) Hak Penyandang ketunaan – panduan praktis
    Panduan yang ditulis secara sederhana ini berisikan Konvensi PBB tentang Hak Anak dalam versi yang disederhanakan dan ringkasan Peraturan Standar PBB. Buku ini juga memuat daftar cek yang membantu memasukkan masalah-masalah ketunaan ke dalam program sosialisasi hak anak. Buku ini disertai dengan CD-ROM yang berjudul ‘Disabled Children’s Rights: contoh-contoh tentang praktek yang baik dan pelanggaran dari seluruh dunia.
    Tersedia dari:
    Save the Children Sweden
    SE 107 88
    Stockholm
    Sweden
    Fax: +46 (0)8 698 90 20
    E-mail: info@rb.se
    Web: www.rb.se

    Parent Mobilisation Resource Group and DICAG South Africa (2000). Where there is a Will, There is a Way. Panduan pelatihan untuk Orang Tua dan Profesional dalam Menciptakan Sebuah Masyarakat untuk Semua. Salinan dokumen ini tersedia dari EENET.

    Rieser, R and Mason, M (1992) Disability Equality in the Classroom.
    Orang tua anak penyandang ketunaan telah meminta dipublikasikannya tulisan yang sangat informatif ini. Publikasi ini ditulis oleh pelatih dalam bidang persamaan hak penyandang ketunaan yang memiliki banyak pengalaman dalam mempromosikan pendidikan inklusif. Meskipun tulisan ini didasarkan atas pengalaman di Inggris, tetapi sangat mudah diadaptasikan pada situasi lain.

    Rieser, R and Mason, M (1994) Altogether Better: From 'Special Needs' to Equality in Education.
    Paket video pelatihan ini dimaksudkan untuk menciptakan sistem sekolah yang menghargai perbedaan, dan oleh karenanya meningkatkan kualitas lingkungan pendidikan bagi semua orang. Diproduksi oleh Proyek Amal dan tersedia dari: Disability Equality in Education, Unit 4Q Leroy House, 436 Essex Road, London N1 3QP, UK. Fax: +44 (0)207 354 3372, E-mail: info@diseed.org.uk

    Parents as Trainers of Families, Professionals and Communities (1999)
    Ini merupakan buku pelatihan yang dikembangkan oleh the Lesotho Society of Mentally Handicapped Persons (LSMHP). Tersedia dalam bahasa Inggris dan Spanyol.

    Let's communicate: buku pegangan untuk mereka yang menangani anak yang berkesulitan dalam komunikasi.
    Diterbitkan atas kerjasama antara WHO, UNICEF dan Kementrian Kesehatan Zimbabwe. 1997. Serial buku kecil ini membahas tentang masalah-masalah komunikasi. Tersedia dari:
    Disability and Rehabilitation Team, WHO. Kode rujukan: WHO/RHB 971. WHO, CH-1211, Geneve 27, Switzerland

    UN Convention on the Rights of the Child Training Kit. International Save the Children Alliance. Harga SEK 336.
    Ini bermanfaat untuk siapapun yang terlibat dalam pelatihan dan pendidikan di bidang hak anak.
    Tersedia dari: Radda Barnen, 10788 Stockholm, Sweden Fax: +46 8698 9012

    Low Vision Guidelines for Itinerant Teachers, Class Teachers, Rehabilitation, Social Workers and Parents. 1998.
    Gladys Nyaga.
    Publikasi ini berisikan pedoman tentang layanan bagi penyandang kurang awas (low vision) untuk guru, petugas rehabilitasi, pekerja sosial dan orang tua.
    Tersedia dari:
    Sight Savers International, PO Box 34690, Nairobi, Kenya .
    Fax: +254 2 505548
    Email: ssiecsa@africaonline.co.ke
    *
    Promoting Inclusive Education – Manual pelatihan untuk pelaksana kegiatan dari anak untuk anak.
    Sebuah proyek rintisan di Pusat Pendidikan Anak Penyandang ketunaan Jerusalem, Palestina, Maysa Hawwash. Najat Soboh dan Lucienne Maas memproduksi paket pelatihan ini dengan ilustrasi.

    Ainscow et al (1999) Creating Conditions for School Improvement. London: Fulton.
    Sebuah panduan praktis tentang cara bekerja secara partisipatif di sekolah. Didasarkan atas situasi di Inggris, tetapi mengandung kerangka kerja yang dapat dipergunakan untuk mengawali suatu diskusi.

    7.3. Video Paket Pelatihan

    Kementerian Pendidikan Lesotho (1996) Preparing teachers for inclusive education.
    Ini merupakan paket pelatihan berbasis video untuk digunakan pada kursus pelatihan in-service dan pre-service yang terdiri dari 13 program video dan dibagi menjadi empat bagian: landasan, mengatasi kelainan, mengadaptasikan kurikulum dan merespon terhadap perbedaan. Disertai dengan empat buku kecil. 240 menit. Harga: £30 untuk lembaga yang berbasis di Utara atau didanai oleh lembaga dari Utara. Gratis untuk organisasi dari Selatan. Tersedia dari EENET.

    Community Based Rehabilitation Service (CBRS), Nepal. Building on Ability (2000)
    Video ini memberikan wawasan tentang kehidupan sehari-hari anak penyandang ketunaan yang didukung oleh CBRS di Nepal. Ada fokus pada pendidikan inklusif.

    Parents for Inclusion (P9) Including All Children (2001)
    Video ini dibuat dalam konteks Inggris, tetapi memiliki pandangan yang luas, berfokus pada pendidikan inklusif dan peranan organisasi orang tua.
    Video ini berdurasi 17 menit dan harganya £10. Tersedia dari PI, Unit 2, 70 South Lambeth Road, London SW8 1RL, UK
    E-mail: info@parentsforinclusion.org Web: www.parentsforinclusion.org

    The Agra Seminar Report and Video. International Disability & Development Consortium (DDC). Inclusive Education: Towards the Common Goal
    Video ini diambil dari seminar internasional IDDC tentang Pendidikan Inklusif. Agra, India, Maret 1998. Laporan seminar berserta video 20 menit.
    Harga: £5,00. Gratis untuk Organisasi dari Selatan.
    Tersedia dari: EENET

    The Norwegian Association for Persons with Developmental Disabilities (NFU) 1. My Rights, 1998
    Video dan panduan pelatihan yang membahas kesempatan bagi penyandang tunagrahita. Video menayangkan negara-negara: Zambia, Zimbabwe, Mauritius, Lesotho, Afrika Selatan, Jamaica. Organisasi orang tua di negara-negara ini adalah anggota Kelompok Mobilisasi Orang Tua, sebuah kelompok Inclusion International. Harga: US$30
    2. Bridging the Gap: Parents as Trainers, 1997
    Video ini mempertunjukkan peranan orang tua dalam meningkatkan kesadaran di kalangan profesional tentang kebutuhan anak tunagrahita. Diproduksi di Lesotho.
    Tersedia dari: NFU, Rosenkrantztgate 16, 0160 Oslo, Norway Fax: +47 22 39 60 50

    Save the Children Fund. Children, Disability and Development (1994)
    Video ini merupakan serial dari 3 program: RBM, Pendidikan Integrasi dan Pemberdayaan dan Penyandang ketunaan. Masing-masing program didasarkan pada wawancara dan refleksi pemikiran SCF tentang tema Pertemuan yang membahas masalah-masalah Ketunaan yang diselenggarakan oleh Global Save the Children di Inggris pada bulan April 1994. Disertai dengan catatan program. 72 menit. Harga: £5. Tersedia dari: Publications Sales, SCF UK

    UNESCO
    1. Teacher Education Resource Pack: Special Needs in the Classroom
    Video pelatihan bertujuan memperkenalkan proyek. 50 menit, Bahasa Inggris, 1993. Harga: US$30. Inclusive Schools: Mengilustrasikan pengalaman sekolah-sekolah di Spanyol, Inggris, Portugal, Selandia Baru dan Jordania. 60 menit, Dalam bahasa asli negara yang disebutkan, 1993. Harga: US$30

    2. Special Needs Education: Access and Quality
    Isu-isu dan pandangan dari Perdebatan Salamanca, 1995
    55 menit, Bahasa Inggris, Perancis dan Spanyol. Harga: US$40

    3. Working with children with developmental delays
    Video ini untuk pekerja sosial masyarakat, petugas kesehatan dan orang tua. Malawi: Getting Together, 50 menit. Sri Lanka: One of the Family, 50 menit.
    Uganda: Learning Together, 60 menit. Harga: US$40 masing-masing

    Hopeful Steps Community Based Rehabilitation programme: Guyana
    1. The challenge of introducing children with disabilities into mainstream schools.
    Paket pelatihan ini terdiri dari video yang berisi 10 program 12 menit. Disertai dengan 60 halaman panduan mengajar. 120 menit.
    Harga: US$80 atau £50

    2. Educating Communities about Disability
    Video ini menyajikan serangkaian pertunjukan wayang yang dirancang untuk meningkatkan kesadaran di masyarakat tentang kebutuhan penyandang ketunaan. Disertai dengan panduan ilustrasi 62 halaman tentang cara membuat wayang dan menulis naskah.

    3. When there is no Nursery School
    Video ini terdiri dari 7 program 10 menit yang menawarkan ide-ide kepada orang tua dan guru untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan anak prasekolah kalau tidak ada taman asuh. Disertai panduan mengajar yang berilustrasi.

    4. Introducing Children with Disabilities into Mainstream Schools
    Video ini terdiri dari 8 program 15 menit yang memiliki kategori "Sekolah untuk Semua " atau "Bekerja Bersama di Sekolah ". Disertai dengan panduan mengajar berilustrasi yang terdiri dari 56 halaman.
    Versi NTSC dapat diperoleh dari: Community Based Rehabilitation, PO Box 10847, Georgetown, Guyana. Fax: +592 2 62615
    Versi PAL dapat diperoleh dari: Professor Roy McConkey, School of Health Sciences, University of Ulster, Newton Abbey, Co Antrim, BT 37 OOB, N Ireland, UK Fax: +44 (0)1232 - 368202 Email: rmcconkey@ulst.ac.uk


    7.4. Studi Kasus

    EENET Newsletters penuh dengan studi kasus tentang kebijakan dan praktek yang berkaitan dengan pendidikan inklusif di berbagai budaya dan konteks.

    UNESCO: Including the excluded: Meeting diversity in education - Uganda & Romania (2001)
    Studi kasus yang mendalam ini dikembangkan oleh UNESCO, memberikan contoh yang berharga tentang implementasi pendidikan inklusif.

    UNESCO: Welcoming Schools: Students with disabilities in regular schools (1999)
    Publikasi pendek ini disertai dengan sebuah video. Membahas tentang masyarakat, guru dan anak yang bekerjasama untuk mengurangi hambatan belajar dan mempromosikan inklusi untuk semua anak di sekolah. Guru dari 15 sekolah, tiap sekolah dari satu negara, berbagi pengalaman dan praktek di kelas. Tersedia dari UNESCO (lihat di atas).

    Sue Stubbs (1995) The Lesotho National Integrated Education Programme: A Case Study on Implementation
    Ini adalah Tesis Magister yang didasarkan pada penilitian tindakan di Lesotho. Tesis ini berfokus pada pelajaran yang diperoleh dari sekolah yang “berhasil” dan “tidak berhasil” yang terlibat dalam program rintisan pendidikan inklusif. Tesis ini juga memberikan kritik mendalam tentang MAKNA penelitian yang valid dan tepat sehubungan dengan kolaborasi antara Utara dan Selatan. Tersedia dalam situs web EENET atau dari EENET.

    EENET (2002) Family Action for Inclusion. Sebuah koleksi studi kasus tentang peran keluarga dan kelompok orang tua dalam mempromosikan Pendidikan Inklusif. Tersedia dari EENET.

    Farah, F (2000) Co-operation between Families and Schools: Parent Power Experience in Lebanon.
    Bab pendek ini memaparkan inisiatif yang diambil oleh Asosiasi Down Syndrome Lebanon untuk mempromosikan pendidikan inklusif. Artikel ini menekankan pentingnya kemitraan antara orang tua dan staf sekolah, dan berusaha menunjukkan keuntungannya bagi semua anak apabila anak penyandang ketunaan diinklusikan ke dalam sekolah setempat. Bab ini dimuat dalam buku Meeting Special and Diverse Educational Needs: Making Inclusive Education a Reality oleh Savolainen, H, Kokkola, H and Alasuutari, H (eds). Tersedia gratis dari: Ministry of Foreign Affairs of Finland, The Department of International Development Co-operation, PO Box 176, 00161 Helsinki, Finland.

    Hastie, R (1997) Disabled Children in a Society at War: A Casebook from Bosnia
    Buku ini menggambarkan peralihan dari layanan institusional menjadi integrasi di masyarakat dalam masa pasca komunisme. Oxfam Publishing. BE13C, PO Box 1496, Parkstone, Dorset, BH12 3YD, UK E-mail: pubiish@oxfam.org.uk

    McConkey, R (2001) A Bundle of Sticks: Family-based organizations in developing countries Unpublished paper
    Ini merupakan ringkasan yang sangat bermanfaat tentang bagaimana asosiasi orang tua berkembang di Utara dan Selatan, dengan rujukan khusus pada kesulitan belajar.
    School of Health Sciences, University of Ulster, Newtownabbey, BT37 OQB Northern Ireland

    Save the Children UK (1995) In Our Own Words: Disability and Integration in Morocco. Ini adalah kisah tentang layanan bagi penyandang ketunaan di Morocco dari sudut pandang remaja penyandang ketunaan sendiri. Pendidikan integrasi dibahas secara cukup rinci.
    Save the Children UK Publications, clo Plymbridge Distributors Ltd, Estover Road, Plymouth PL6 7PY, UK
    E-mail: orders@piymbridge.com

    O'Toole, B and McConkey, R (eds) (1995) Innovations in Developing Countries for People with Disabilities
    Lisieux Hall Publications berasosiasi dengan A1FO-Italy (Associazione Italiana Amici di Raoul Follereau). Buku ini kini sudah habis terjual dan izin diberikan oleh penerbitnya untuk direproduksi pada situs web EENET.

    Towards Responsive Schools: supporting better schooling for disadvantaged children (2000)
    Publikasi dari Save the Children/DFID ini menelaah bagaimana persekolahan terkait dengan kemiskinan dan ketidakberuntungan sosial atau politik. Studi kasus meliputi sekolah-sekolah masyarakat di India, taman kanak-kanak di Mongolia, dan pendidikan di kam pengungsi di Lebanon.
    DFID Education Publications Despatch, PO Box 190, Sevenoaks, TN14 5SP, UK Email: dfidpubs@echristian.co.uk

    Different voices adalah publikasi yang menunjukkan praktek-praktek yang patut dicontoh dari enam orang guru Tasmania dalam pendidikan bagi siswa dengan kebutuhan dukungan yang tinggi. Materi ini menggambarkan pengalaman dan praktek guru dalam setting anak usia dini, sekolah dasar, sekolah menengah dan perguruan tinggi. Teks visualnya menyajikan essay fotografis tentang sejumlah kelas dan praktek guru. Cerita ini menunjukkan bagaimana kebutuhan berbagai siswa dipenuhi sebagai bagian dari kehidupan kelas sehari-hari.
    Kontak: Julianne Moss. Dosen mata kuliah pendidikan usia dini dan pendidikan dasar. University of Tasmania. Box 252c-66 Hobart 7001. Australia.

    7.5. Publikasi Utama dan Sumber Bacaan Lebih Lanjut

    UNESCO: The Salamanca Statement and Framework for Action on Special Needs Education. Suatu tinjauan komprehensif tentang prinsip-prinsip, kebijakan dan praktek yang terkait dengan pendidikan inklusif. Kerangka kerjanya memberikan panduan kepada berbagai tingkatan dari Pemerintah hingga Masyarakat. Ini merupakan referensi kunci.

    UNESCO: Salamanca - Five Years On (1999)
    Ini merupakan tinjauan tentang perkembangan internasional menuju sistem pendidikan yang lebih inklusif dan kontribusi UNESCO terhadap perkembangan tersebut.
    Tersedia gratis dari UNESCO.

    Holdsworth J and Kay J (ed) (1996) Towards Inclusion: SCF's Experience in Integrated Education.
    Tinjauan tentang isu-isu utama berdasarkan lokakarya Save the Children untuk para praktisi dan pembuat kebijakan dari Asia. Mencakup studi kasus dari Laos, Cina, Vietnam dan Lesotho.

    Sue Stubbs (1997) Towards Inclusive Education: The Global Experience of Save the Children.
    Suatu diskusi komprehensif tentang prinsip-prinsip dan praktek pendidikan inklusif dari perspektif global, termasuk studi kasus dari negara-negara tertentu, dan sebuah diskusi tentang perbedaan antara pendekatan pendidikan khusus, unit kecil dan pendidikan inklusif.

    Sue Stubbs (1994) A Critical Review of the Literature on the Education of Disabled Children in Developing Countries.
    Sebuah survey mendalam dan kritik literatur, mencakup bibliografi yang lengkap. Makalah ini mengemukakan banyak isu yang menantang tentang bahaya konsep berbasis Utara yang diterapkan di Selatan, dan tentang validitas informasi tertulis.

    Laporan Seminar Aqra dan Video. International Disability & Development Consortium 0DDC). Inclusive Education: Towards the Common Goal.
    Lihat detilnya pada Video.

    Susie Miles (2000) Overcoming Resource Barriers: the Challenge of Implementing IE in Rural Areas.
    Sebuah makalah yang sangat bagus dan menantang, yang berargumen bahwa kurangnya sumber BUKAN suatu hambatan untuk pendidikan inklusif – hambatan sikap justru jauh lebih besar. Juga lihat 'Overcoming Resource Barriers' laporan EENET dari Symposium yang dipresentasikan pada konferensi ISEC 2000.

    Susie Miles (2000) Enabling Inclusive Education: Challenges and Dilemmas.
    Sebuah tinjauan tentang pelajaran utama yang diperoleh dari pengalaman dalam mendukung pengembangan pendidikan inklusif di negara-negara yang secara ekonomi lebih miskin. Mengkaji peran RBM, dan mengambil studi kasus dari Afrika dan Asia.

    Hannu Savolainen, Heikki Kokkala, Hanna Alasuutari (eds). (2000) Meeting Special and Diverse Educational Needs: Making Inclusive Education a Reality.
    Buku ini didasarkan pada makalah-makalah yang dipresentasikan pada sesi strategi Forum Pendidikan Dunia tentang Pendidikan Kebutuhan Khusus, yang difasilitasi oleh Niflo Maki Institute, Finlandia. Tersedia gratis dari: Kementerian Luar Negeri Finlandia (lihat alamatnya di atas).

    Ernma Stone (ed) (1999) Disability and Development: Learning from Action Research on Disability in the Majority World.
    ISBN: 0-952840-3-2. Harga: £15,99+ £1,50 p&p
    Buku ini menganalisis masalah-masalah yang muncul ketika gagasan dan praktek dari utara diekspos ke dunia mayoritas. Ada 15 kontribusi dari aktivis, praktisi dan peneliti penyandang ketunaan. Topiknya meliputi: pendidikan inklusif, RBM, organisasi penyandang ketunaan dan penelitian di bidang ketunaan. Dapat dibeli dari: The Disability Press, The Department of Sociology and Social Policy, The University of Leeds, Leeds LS2 9JT. Fax: +44 (0)113 233 4415.


    Mel Ainscow. Understanding the Development of Inclusive Schools (1999).
    Buku ini menawarkan saran-saran tentang cara mengembangkan sekolah dan kelas agar dapat menjangkau semua siswa. ISBN No: 0 7507 0734 8, paperback, harga: £14,95.

    Why exams and tests do not help disabled and non-disabled children learn in the same school. Simone Aspis (1998) Simone adalah penyandang ketunaan yang pernah bersekolah di slb, yang diberi label oleh sistem ujian/ asesmen sebagai berkesulitan belajar. Simone adalah seorang juru kampanye pendidikan inklusif yang independen. Dia bekerja secara freelance sebagai konsultan untuk penyelenggaraan seminar dan lokakarya. Simone Aspis, Changing Perspectives, 40 Churchill Road ' Willesden, London, UK. Tel/Fax: 0181459 5717.
    Makalah-makalah Simone dapat diperoleh dari EENET atau dari: Bolton Dat for Inclusion, Bolton Institute, Chadwick Street, Bolton, Lancashire, BL2 1JW UK. Tel: +44 1204 528851 Fax: +44 1204 399074, Email: k.barton@bolton.ac.uk

    Inclusive Education on the Agenda (1998).
    Sebuah buku kecil rujukan yang merangkum berbagai inisiatif internasional utama yang mendukung perkembangan pendidikan inklusif. Tersedia dari UNESCO, Special Education, 7 Place de Fontenoy, 75352 Paris 07 SP, France. Tel: +33 1 45 68 1137/95 . Fax: +33 1 45 68 5626/7/ 8.

    From Them To Us: an international study of Inclusion in education (1998).
    Diedit oleh Tony Booth dan Mel Ainscow. Publikasi baru ini mengkaji pertanyaan-menangani pertanyaan seperti “akankah ada perspektif global tentang pendidikan inklusif?" melalui serangkaian studi kasus dari delapan negara. Buku ini diterbitkan oleh Routledge, dan nomor ISDN-nya adalah sebagai berikut: Jilid keras: 0-415 18739-7 (£47,50). Jilid kertas: 0-415-13979-1 (£15,99)

    Mittler, Brouillette and Harris (ed) (1993) Special Needs Education. Sebuah kompilasi artikel dari seluruh dunia, dan diskusi tentang berbagai isu tentang pendidikan anak penyandang ketunaan. Beberapa artikel difokuskan pada pendidikan luar biasa, dan yang lainnya pada pendidikan inklusif.



    Kembali ke Bab 6: Apa yang Sudah Kita Peroleh?

    Labels:

    :)

    Anda ingin mencari artikel lain? Silakan isi formulir pencarian di bawah ini. :)
    Google
  • Kembali ke DAFTAR ISI